Minggu, 05 Juli 2015

Satuan Sistem Internasional SI)

Satuan Sistem Internasional (SI) adalah satuan yang ditetapkan secara internasional  bagi setiap besaran Yang termasuk dalam satuan sistem internasional  yaitu semua satuan besaran pokok  dan satuan besaran turunan yang berasal dari satuan besaran pokok. Dalam konferensi umum mengenai Berat dan Ukuran ke-14 pada tahun 1971 menetapkan 7 besaran sebagai dasar dan menjadi dasar bagi Sistem Satuan Internasional (SI). Selanjutnya, 7 besaran ini selanjutnya kita kenal sebagai  7 besaran pokok .  Besaran-besaran dan satuannya tersebut dapat kita lihat pada tabel di bawah ini :

Satuan Sistem Internasional pada Besaran  Pokok
No
Besaran Pokok
Satuan
singkatan
1
Panjang
meter
m
2
Massa
kilogram
kg
3
Waktu
sekon
s
4
Suhu
kelvin
K
5
Kuat arus listrik
ampere
A
6
Intensitas cahaya
candela
cd
7
Jumlah zat
mol
mol

Pada tulisan yang lain kita mengetahui bahwa besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok. Dengan demikian satuan-satuan yang dimiliki oleh besaran turunan merupakan perpaduan dari satu atau lebih besaran pokok. Silahkan teman-teman mencermati tabel Satuan Sistem Internasional  untuk besaran turunan berikut. Kemudian bandingkan dengan Sistem Satuan Internasional untuk besaran pokok pada tabel di atas 
Satuan Sistem Internasional pada Besaran  Turunan
No
Besaran Turunan
Satuan
Simbol
1
luas
meter persegi
m2
2
volume
meter kubik
m3
3
kecepatan
meter / sekon
m/s
4
percepatan
meter / sekon kuadrat
m/s2
5
berat
newton
N   =    kg. m/s2
6
gaya
newton
N   =    kg. m/s2
7
usaha
joule
J    =    N.m
dst




Selain besaran turunan yang tercantum pada tabel di atas, masih ada  besaran turunan lainnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Contohya  adalah tekanan, potensial listrik, medan listrik, kuat medan magnet, fluks magnet dan lainnya. Untuk mengetahui besaran-besaran turunan yang lain, silahkan teman-teman mencari sumber dari buku maupun sumber ilmu lainnya.  Apabila berhasil menemukan besaran yanglain, silahkan beritahukan pada teman-teman yang ada di kelas masing-masing supaya ilmu yang kita miliki bermanfaat bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar