Senin, 06 Juli 2015

Suhu


Suhu merupakan derajat panas suatu benda. Benda yang panas, hangat dan dingin memilki suhu yang berbeda. Sebenarnya tubuh kita punya sensor yang mampu mendeteksi adanya perbedaan suhu. Apakah teman-teman tahu pada bagian manakah itu?

Ya…. Benar. Tuhan telah menutupi tubuh kita dengan kulit yang dilengkapi dengan sensor suhu. Mengapa demikian? Karena dengan adanya sensor suhu tersebut maka kita dapat merasakan keadaan benda yang bersentuhan dengan tubuh kita. Bila benda yang menyentuh tubuh kita memiliki suhu yang aman bagi tubuh maka kita akan merasa nyaman-nyaman saja. Namun bila suhu benda yang menyentuh tubuh kita tersebut membahayakan maka kulit kita akan segera memberi tahu kepada otak kita bahwa benda tersebut berbahaya dan kemudian kita akan menjauhi benda tersebut. Benda berbahaya dalam hal ini maksudnya adalah benda yang terlalu panas sehingga bisa melepuhkan kulit atau benda yang terlalu dingin dan bisa membekukan bagian tubuh yang menyentuhnya. Dengan demikian keberadaan sensor suhu pada kulit kita ini sekaligus menjadi pelindung agar kulit kita selalu dalam keadaan aman. 

Pertanyaan berikutnya, apakah kulit kita dapat digunakan untuk mengukur suhu benda? Menurut teman-teman bagaimana? 

Kulit kita emang dapat membedakan panas, hangat dan dingin. Namun tidak bisa digunakan sebagai alat ukur. Hal ini disebabkan karena kulit kita hanya bisa membandingkan  panas yang ada di dalam benda namun hasil pengukurannya bersifat relative. Maksudnya, kita hanya bisa mengatakan bahwa benda ini lebih panas dari benda itu, atau lebih dingin dari benda itu  tanpa  dapat memberikan hasil pengukuran yang berupa angka. Penyebab utamanya adalah karena kita  hanya menggunakan perasaan saja.

Lalu dengan alat apa agar kita dapat mengukur suhu suatu benda?

Suhu dalam Bahasa inggris dikenal dengan istilah therm. Alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu disebut thermometer/ termometer.  Termometer cair berupa pipa kaca tertutup berisi zat cair dan terdapat lubang kecil di sepanjang pipa. Zat cair  yang digunakan memiliki sifat mudah memuai pada saat terjadi kenaikan suhu dan mudah menyusut pada saat terjadi penurunan suhu. Untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai thermometer, silahkan teman-teman membaca artikel tentang jenis-jenis thermometer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar