Senin, 06 Juli 2015

Standar Satuan Sistem Internasional (SI)



Penjelasan untuk masing-masing standar satuan SI  untuk Standar panjang, massa dan waktu (yang diambil dari beberapa sumber diantaranya buku  karya David Halliday dan diterjemahkan oleh Pantur Silaban, Ph.D dan Drs. Erwin Sucipto, M.Sc) sebagai berikut:

1.            Standar Panjang
Standar panjang internasional yang pertama disimpan di International Bureau of Weight and Measures (Lembaga Berat dan Ukuran Internasional). Bendanya  adalah berupa  sebuah batang yang terbuat dari platina-iridium yang disebut sebagai meter standar. Panjang satu meter merupakan jarak 2 garis halus yang diguratkan pada keping emas dekat ujung –ujung batang pada saat suhu 0o celcius. Karena meter standar ini sulit untuk dibuat maka dibuatlah tiruannya dengan sangat teliti dan disebarkan  ke berbagai laboratorium standar di seluruh dunia.  Meter standar tiruan inilah yang kemudian digunakan untuk menjadi acuan pembuatan alat ukur panjang di berbagai negara. Dengan demikian alat ukur panjang yang teman-teman miliki saat ini yang berupa penggaris merupakan tiruan dari meter standar tersebut.Menurut sejarah, satu meter setara dengan satu per sepuluh juta jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui kota Paris, Perancis.

2.          Standar Massa
Standar SI untuk massa berupa sebuah silinder platinum-iridium disebut sebagai massa sebesar 1 kilogram. Standar massa ini disimpan di Lembaga Berat dan Ukuran Internasional. Standar massa ini juga dibuat tiruannya untuk disebarkan ke berbagai negara.

3.            Standar Waktu
Standar untuk satuan pokok waktu dalam SI adalah sekon (s). Satuan ini ditetapkan pada tahun 1967 oleh konferesi umum mengenai Berat dan Ukuran ke 13. Satu sekon standar adalah waktu yang diperlukan oleh atom Cesium – 133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Apabila digunakan  2 buah jam atom ini maka perbedaan hasil penukuran  dalam selang waktu 6000 tahun tidak  lebih dari satu sekon. Selain sekon, ada beberapa satuan waktu  lain yang kita kenal  dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu menit, jam, hari, minggu, bulan,tahun dan abad, millennium.
1 menit           = 60 sekon atau 60 detik
1 jam               =  60 menit
1 hari              =  24 jam
1 bulan          =  28,29,30 atau 31 hari (tergantung nama bulannya)
1 tahun          =  365 hari 6 jam
1 abad            =  100 tahun
1 milenium    =  1000 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar